Abstract:
Jurmanisak, NIM. 1902052014, dengan Judul Tesis “Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah untuk Meningkatkan Adversity Quotient Siswa di MTs Muhammadiyah Padang Luar”. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Mahmud Yunus Batusangkar, 2022. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya adversity quotient siswa di MTs Muhammadiyah Padang Luar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah untuk meningkatkan adversity quotient siswa di MTs Muhammadiyah Padang Luar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan pre experimental dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu dengan mengukur adversity quotient kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah skala. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Padang Luar. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 15 orang. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik random sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah efektif dalam meningkatkan adversity quotient siswa di MTs Muahmmadiyah Padang Luar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik bahwa t0 3,13 > tt 2,98 pada taraf signifikansi 1% sehingga Ha yang menyatakan bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah efektif dan signifikan dalam meningkatkan adversity quotient siswa diterima dan Ho yang menyatakan bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah tidak efektif dan signifikan dalam meningkatkan adversity quotient siswa ditolak. Kata kunci : Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah, Adversity Quotient