Abstract:
ABSTRAK DWI SALFITRI. NIM, 1630101092 Judul Skripsi “Persepsi Orang Tua terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Online Bagi Anak Usia Sekolah di Kenagarian Sumani Kabupaten Solok”. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam Skripsi ini adalah persepsi orang tua yang memiliki anak usia sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran online. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah persepsi orang tua terhadap pembelajaran online bagi anak usia sekolah di Kenagarian Sumani. Sub fokus penelitian penelitian ini adalah : 1) Persepsi orang tua terhadap pelaksanaan pembelajaran online di rumah bagi anak usia sekolah di Kenagarian Sumani, 2) Faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran online bagi anak usia sekolah di Kenagarian Sumani. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui persepsi orang tua siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran online di rumah bagi anak usia sekolah di Kenagarian Sumani. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua terhadap pembelajaran online bagi anak usia sekolah di Kenagarian Sumani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif ini dan mengambil lokasi di Kenagarian Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupateh Solok. Instrumen pada penelitian ini adalah berupa kamera, field note (catatan yang ada di lapangan) dan daftar pertanyaan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah di Kenagarian Sumani. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Orang tua mempunyai kesamaan persepsi tentang pembelajaran online yaitu kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan secara online dengan tanpa tatap muka dengan guru dan teman-temannya di sekolah serta dilaksanakan di rumah masing-masing yang melibatkan pendampingan dari orang tua. Adapun dampak negatif dengan pelaksanaan pembelajaran online yaitu tersitanya waktu orang tua, minimnya pengetahuan orang tua, tuntutan terhadap orang untuk lebih memahami teknologi, rasa tanggung jawab anak kurang, bertambahnya pemgeluaran keluarga. Sementara itu dampak positisnya yaitu: tersedianya waktu luang untuk lebih dekat dengan anak dan lebih memahami perkembangan belajar anak. 2) Faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran online bagi anak usia sekolah yaitu: ketika mengikuti pembelajaran online, anak memerlukan HP untuk melihat bahan pelajaran dan tugas yang diberikan guru, kondisi anak ketika mengikuti pembelajaran online membuat orang tua kesulitan untuk lebih optimal ketika mendampingi anaknya mengikuti pembelajaran online.