Abstract:
Mardhiyatul Husni, NIM 1830101097, judul skripsi “Pengembangan E-modul Berbasis PECS (Picture Exchange Communication System) Menggunakan Flip PDF Professional Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Inklusi untuk Sekolah Menegah Pertama”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik bahan ajar untuk anak inklusi. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Belum memanfaatkan perkembangan teknologi dengan maksimal. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran PAI, bahwa dalam proses pembelajaran pendidik dan peserta didik sudak menggunakan cromebook dan menggunakan aplikasi classroom dalam proses pembelajaran di SMP N 5 Padang Panjang. Pendidik belum memiliki e-modul dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh anak. Dimana dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku yang di pdf kan, dan tidak semua materi yang memakai video pembelajaran. Dengan demikian maka diperlukan pengembangan terhadap e-modul dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. maka diperlukan e-modul yang menarik agar proses pembelajaran menjadi lebih menari. Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangakan yaitu e-modul berbasis PECS menggunakan Flip pdf professional. Metode pengembangan yang digunakan adalam metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Sedangkan model pengembangan 4D salah satu model pengembangan yang sering digunakan dalam penelitian pengembangan. Prosedur pelaksanaan model 4D dilaksakan dalam empat tahap yaitu : 1) define, 2) design, 3) development, 4) Disseminet. Uji coba bersifat terbatas dilakukan kepada kelas inklusi yang memakai chomebook kelas VIII. 2 SMP N 5 Padang Panjang dengan pembelajaran menggunakan E-modul berbasis PECS menggunakan Flip pdf Professional. Selama pembelajaran berlansung, peneliti mengamati keterlaksanaan penggunaan e-modul melalui pengamatan lansung (obeservasi) serta menggunakan angket respon siswa. Hasil rata-rata persentase validasi e-modul berbasis PECS menggunakan flip pdf professional adalah 80,5 % dengan kategori valid. hal tersebut menujukkan bahwa e-modul berbasis PECS menggunakan flip pdf professional tersebut valid berdasarkan kepada seluruh aspek yang dinilai oleh validator. Sedangkan presentase penilaian anak pada kelas inklusi yang memakai cromebook VIII. 2 SMP N 5 Padang Panjang yang diisi oleh 17 orang siswa terhadap e-modul berbasis PECS menggunakan flip pdf professional adalah 92,83 % dengan kategori sangat praktis. Dengan kata lain, e-modul berbasis PECS menggunakan Flip pdf professional yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran PAI untuk disekolah inklusi pada sekolah menengah pertama.