Abstract:
ROBY SETIA PRAMANA. 2022. NIM. 2002011021, judul Tesis “Pengaruh TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Payakumbuh”. Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Namun belum diketahui apakah faktor TPACK dan kecerdasan spiritual dapat mempengaruhi kinerja guru pada SMA dan MA Negeri di Kota Payakumbuh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) pengaruh TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) terhadap kinerja guru, 2) pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru, dan 3) pengaruh TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru pada SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Payakumbuh yang berjumlah 493 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 221 guru pada semua SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Payakumbuh. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket dengan menggunakan aplikasi google form dan link-nya dibagikan melalui whatapps. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) terhadap kinerja guru pada SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Payakumbuh. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung variabel TPACK (X1) terhadap kinerja guru (Y) lebih besar dari pada t-tabel (8.591 > 1.984), 2) terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru pada SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Payakumbuh. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung variabel kecerdasan spiritual (X2) terhadap kinerja guru (Y) lebih besar dari pada t-tabel (6.487 > 1.984), 3) terdapat pengaruh antara TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Payakumbuh. Hal ini dibuktikan dengan nilai F-hitung analisis regresi variabel TPACK (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) terhadap kinerja guru (Y) lebih besar dari pada F-tabel (260.079 > 3.00).