Abstract:
ABSTRAK Alvis Antoni. NIM 1730101008. Judul Skripsi: “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Aktivitas Jamaah Tabligh di Kabupaten Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam Skripsi ini adalah dalam mewujudkan kepribadian muslim yang sempurna akan lebih efektif jika melalui proses pendidikan Islam. Namun dikarenakan adanya proses globalisasi yang mengarah pada westernisasi menyebabkan proses pendidikan Islam menjadi kurang diminati. Sehingga proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam terhadap masyarakat muslim menjadi terhalang. Jamaah Tabligh dengan keunikan aktivitasnya mampu menunjukkan perannya dalam pengintegrasian nilai-nilai pendidikan Islam kepada kaum muslim terutama di kabupaten Tanah Datar. Hal ini perlu diketahui apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam aktivitas muzakarah dan jaulah Jamaah Tabligh di kabupaten Tanah Datar Penelitian ini diangkat dengan tujuan agar mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam aktivitas muzakarah dan aktivitas jaulah Jamaah Tabligh di kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sistematis, akurat dan faktual terhadap aktivitas muzakarah dan aktivitas jaulah Jamaah Tabligh di kabupaten Tanah Datar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melaksanakan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumentasi berupa dokumen-dokumen pendukung penelitian. Dalam hal ini, penulis mewawancarai informan dari kalangan Jamaah Tabligh di kabupaten Tanah Datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam aktivitas muzakarah meliputi, a) Nilai pendidikan akidah, keimanan kepada Allah Swt, membicarakan kebesaran Allah, istighfar ketika usulan diterima dan hamdalah jika ditolak, keimanan kepada Nabi Muhammad Saw berupa bershalawat sebelum mengambil keputusan, meniru-niru Nabi ketika istinja’, makan, tidur, keimanan kepada Al-Qur’an berupa memperbaiki bacaan Al-Qur’an, dan keimanan kepada hari akhirat dengan berpenamilan zuhud. b) Nilai pendidikan Ibadah, menjaga kesempurnaan shalat, menuntut ilmu ibadah, dan menjaga kesucian zahir batin dalam beribadah c) Nilai pendidikan sosial, memuliakan sesama muslim dan memandang kesetaraan derajat sesama muslim. d) Nilai pendidikan Akhlak, gigih dalam menuntut ilmu, memiliki sifat kesabaran, keikhlasan, kedisiplinan, dan ketaatan. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam aktivitas jaulah meliputi, a) Nilai pendidikan akidah, mengagungkan Allah Swt dengan perkataan dan perbuatan, memperbanyak zikir dan berdoa meminta hidayah kepada Allah Swt. b) Nilai pendidikan ibadah, gigih dalam mengajak shalat berjamaah meskipun mendapat penolakan. c) Nilai pendidikan sosial, Ukhuwah Imaniyah dan kepeduliaan sesama muslim dalam masalah ketaatan kepada Allah. d) Nilai pendidikan akhlak, Kesabaran menghadapi masalah, rela berkorban untuk agama, dan berdakwah dengan lemah lembut.