Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah seberapa besar hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PAI di SMP negeri 3 Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP negeri 3 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode ko relasional. Dengan subjek penelitian ialah siswa kelas VIII SMP negeri 3 Padang Panjang yang berjumlah 163 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan simple random samplinh. Teknik pengumpulan data yang menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Sedangkan data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis korelasi. Berdasarkan pengujian hipotesisi dengan menggunakan produk moment, nilai akhir tahun hitung =3, 2199,dan data terjaga tabel pada taraf signifikan 0,05= 2,021.dengan demikian terbukti bahwa nilainya hitung lebih besar dari pada tahun tabel makan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini hipotesisis alternatif diterima. Artinya adanya hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP negeri 3 Padang Panjang.