Abstract:
Mira Kurnia, NIM 15300100055, Judul Skripsi: “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 di UPT SMPN 3 Batusangkar”. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar 2022, yang terdiri dari 112 halaman. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah problematika pembelajaran PAI yang dihadapi guru dan siswa selama masa pandemi Covid-19 di SMPN 3 Batusangkar, upaya yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi problematika pembelajaran PAI selama masa pandemi Covid- 19 di UPT SMPN 3 Batusangkar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran PAI yang dihadapi guru dan siswa selama masa pandemi Covid- 19 di UPT SMPN 3 Batusangkar, Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi problematika pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di UPT SMPN 3 Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan (Field Research), menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologis. Sumber data penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa UPT SMPN 3 Batusangkar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber Data dan Triangulasi Metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran PAI yang dihadapi guru dan siswa yaitu:1) Keterbatasan guru dalam mengontrol siswa, 2) Kurangnya keefektifan belajar mengajar, 3) Tingkat pemahaman siswa yang berbeda- beda, 4) Tidak semua siswa memiliki handphone, 5) Kurangnya pemahaman akan ilmu teknologi pada siswa, 6) Tidak semua perangkat mendukung aplikasi yang digunakan, 7) Tingkat kejenuhan siswa saat pembelajaran daring dan 8) Siswa dituntut untuk belajar mandiri dari rumah. Adapun upaya yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi problematika pembelajaran PAI selama Pandemi Covid-19 yaitu: 1) Guru melakukan inovasi yang menarik dalam pembelajaran daring, 2) Guru mempersiapkan bahan ajar materi semenarik mungkin, 3) Guru mampu mengolah kelas online dengan maksimal, 4) Guru dapat meningkatkan kekreatifan dan kemampuan dalam penguasaan teknologi pembelajaran, 5) Guru memberikan model pembelajaran yang bervariasi kepada siswa agar siswa tidak terbebani dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran daring, 6) Guru juga harus berusaha memberikan pengertian kepada siswa bahwa materi atau tugas yang diberikan sangatlah mudah, 7) Siswa yang belum memiliki perangkat pendukung pembelajaran daring atau biasanya siswa hanya bergiliran dengan orang tuanya atau saudaranya dalam pemakaian perangkat, 8) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar tidak jenuh dalam pembelajaran daring.