Abstract:
WIDY FON SEPTIFANI NIM 15300100115 Judul Skripsi “ ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 6 TANAH DATAR” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Sarjana Pendidikkan Agama Islam Universitas Islam Negeri ( UIN ) Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan yang ditemui yaitu (1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar. (3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar yang terdiri dari tiga fokus penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar. (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ialah Guru mata pelajaran dan siswa kelas VIII di MTsN 6 Tanah Datar. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pemeriksaan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan di lapangan pertama, Bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar yang mana peneliti menemukan kesulitan itu disebabkan karena siwa kesulitan dalam membaca, menulis, menghitung dan jenis kesulitan. Kedua, Faktor- faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 6 Tanah Datar yang mana disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal ( dalam diri sendiri ) dan faktor eksternal ( di luar diri sendiri ). Ketiga, Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan cara diagnosis kesulitan belajar, pemecahan kesulitan belajar dan membantu kesulitan yang terjadi.