Abstract:
RAJU HIDAYAT, NIM 1830101142 judul skripsi “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS GAMES EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 7 SIJUNJUNG”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar Tahun 2022, yang terdiri dari 121 halaman. Penelitian yang dilakukan bertolak dari permasalahan bagaimana penggunaan media pembelajaran yang menarik dan disukai oleh peserta didik. Hal ini justru menjadi sebuah tantangan bagi seorang guru atau tenaga kependidikan. Sebab mereka harus dapat menciptakan inovasi atau trobosan baru guna meningkatkan semangat belajar siswa. Pada zaman sekarang, kebanyakan anak menyukai permainan, apalagi permainan yang bersumber dari handphone atau laptop yang mereka punya, permainan yang terhubung dengan internet kerap menjadi kecanduan bagi anak-anak. Permainan yang mereka mainkan tersebut, kebanyakan tidak mengandung unsur pendidikan didalamnya, malainkan hanya mengandung kesenangan dan hiburan semata. Dengan demikian, sebaiknya muncul sebuah ide untuk menciptakan media pembelajaran yang terinspirasi dengan permainan tersebut. Media ini adalah media pembelajaran berbasis games edukatif. Media pembelajaran berbasis game dukatif adalah sebuah media, alat, atau kegiatan yang menyenangkan, bersifat mendidik dan memiliki manfaat dalam mengembangkan kepribadian diri peserta didik. Dengan harapan media tersebut bisa meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, serta dengan adanya media ini diharapkan peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Pada penelitian ini, desain dan prosedur pengembangan yang digunakan adalah model 4D (define, design, development, and disseminate) yang mana Define (Menganalisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). Berdasarkan hasil validasi dan praktikalisasi yang dilakukan peneliti, didapatkan hasil Validasi dari media pembelajaran menggunakan powerpoint interaktif berbasis games edukatif pada mata pelajaran PAI di SMPN 7 Sijunjung mendapatkan hasil rata-rata indeks 0,8. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran yang dibuat peneliti dapat dikategorikan valid. Praktikalitas atau uji coba pada media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis games edukatif pada mata pelajaran PAI pada siswa kelas VII SMPN 7 Sijunjung mendapatkan hasil rata- rata indeks 0,9 Berdasarkan hasil tersebut, maka instrumen penilaian yang dibuat peneliti dapat dikategorikan sangat praktis.