Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah sulitnya menemukan media yang tepat untuk peserta didik dalam proses pembelajaran matematika pada kondisi pandemi, kurangnya motivasi belajar peserta didik, rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi himpunan dan sumber belajar yang digunakan guru hanya bersumber dari buku paket. Untuk mengatasinya maka perlu adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Android yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 3-D. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pendefisian (define), tahap perancangan (design), pengembangan (development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon peserta didik. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan untuk mengemukakan hasil penelitian diantaranya analisis validitas dan analisis praktikalitas.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan articulate storyline 3 pada Materi Himpunan Kelas VII di SMPN 2 Tanjung Emas yang dirancang sangat valid dengan persentase 86% dan sangat praktis dengan persentase 83,5%.