Abstract:
ULAN SOVI YANTI, NIM 2002012048, Judul Tesis “Analisis SWOT PPDB dalam Pelaksanaan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Sekecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya”. Program studi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Analisis SWOT merupakan alat yang tepat dalam mengukur strategi untuk pelaksanaan mutu pendidikan salah satunya dalam proses PPDB. Analisis SWOT digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan eksternal di MAS sekecamatan Koto Baru kabupaten Dharmasraya. Dengan mengidentifikasi faktor internal dan ekternal tersebut dapat diketahui posisi kuadran MAS kecamatan Koto Baru kabupaten Dharmasraya sehingga dapat ditentukan strategi yang harus digunakan MAS kecamatan Koto Baru kabupaten Dharmasraya agar pelaksanaan mutu pendidikan tercapai sesuai harapan terutama dalam menarik minat calon peserta didik baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis SWOT PPDB di madrasah aliyah swasta sekecamatan Koto Baru kabupaten Dharmasraya dan untuk mengetahui bagaimana analisis SWOT PPDB dalam pelaksanaan mutu pendidikan di madrasah aliyah swastas sekecamatan Koto Baru kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT PPDB dalam pelaksanaan mutu pendidikan di madrasah aliyah sekecamatan Koto Baru kabupaten Dharmasraya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik kemudian di analisis data dengan cara memadatkan data, menyajikan, menarik dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis SWOT PPDB dalam pelaksanaan mutu pendidikan di madrasah aliyah swasta sekecamatan Koto Baru kabupaten Dharmasraya adalah a) meningkatkan dan melaksanakan program unggulan secara konsisten dan berkesinambungan, b) memberikan pelatihan atau diklat kepada pendidik dan tenaga kependidikan dalam penguasaan IT, c) merekrut guru sesuai kualifikasi madrasah dan mewajibkan guru bersekolah lagi bagi yang belum sesuai dengan kualifikasi, dan d) menjalin kerja sama dengan lembaga baik di dalam maupun luar negeri sebagai penunjang melaksanaan program unggulan dalam pelaksanaan mutu pendidikan.