Abstract:
Dinda, NIM 1730302010, judul skripsi Strategi Komunikasi Pemasaran Dangau Sawah Tangah Chantha Dalam Mempertahankan Eksistensi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran yang digunakan Dangau Sawah Tangah Chantha dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Kemudian faktor pendukung strategi komunikasi dalam mempertahankan eksistensi. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Dangau Sawah Tangah Chantha serta strategi mempertahankan eksistensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu atau IMC (Integrated Marketing Communication). Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan ini mendapatkan kesimpulan bahwa, strategi yang digunakan Dangau Sawah Tangah Chantha dalam mempertahankan eksistensi yang pertama, melalui promosi penjualan dimana strategi ini menggunakan cara pendekatan kepada pelanggan dari segi pelayanan, menciptakan hal baru, selalu menawarkan diskon produk, serta menggunakan media sosial. Kedua, melalui hubungan masyarakat dan publisitas dimana strategi ini membangun komitmen kepada pelanggan dalam pelayanan terbaik sehingga tercipta hubungan baik dengan pelanggan dengan hubungan baik tersebut sangat berguna dalam melakukan komunikasi promosi dari mulut ke mulut. Dan yang ketiga, melalui respon merek dimana strategi ini lebih kepada melihat kesetiaan dan loyalitas pelanggan kepada Dangau Sawah Tangah Chantha.