Abstract:
ABSTRAK Rika Asmiani. NIM 1830304026. Judul “Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar” Program Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pelayanan sirkulasi yang belum maksimal, dari segi kebutuhan pemustaka seperti sarana dan perasarana, koleksi perpustakaan, Wifi, dan rumitnya dalam pendaftaran kartu anggota bagi pemustaka yang tidak berdomisili atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar dalam hal memberikan pelayanan kepada pemustaka yang ditinjau dari enam indikator yaitu: keanggotaan, peminjaman, pengembalian, perpanjangan, sanksi, dan waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling, populasi penelitian ini adalah pengguna aktif tahun 2021 perpustakaan yang berjumlah 480 orang, dan sampel yang diambil 83 responden dengan jumlah Pernyataan yang diajukan sebanyak 28 butir. Hasil uji hipotesis menggunakan rumus non parametric dengan spearman didapatkan nilai 0,0000,05, jadi berdasarkan hasil uji korerasi tersebut didapatkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi pemustaka dan layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar yang ditinjau dari enam indikator yaitu: persentase pada persepsi pemustaka terhadap kemudahan dalam keanggotaan di Perpustakaan Tanah Datar. yaitu dapat disimpulkan persentase responden menunjukkan 80% sebagian besar (setuju) dan 19% (tidak setuju) , persentase pada peminjaman 79% sebagian besar responden menyatakan (setuju) dan 28% menyatakan (tidak setuju), persentase pada pengembalian sebagaian besar 82% responden menyatakan (setuju) dan 18% (tidak setuju), persentase pada perpanjangan sebagaian besar 88% responden menyatakan (setuju) dan dan 15% (tidak setuju), persentase pada sanksi sebagaian besar 80% responden menyatakan (setuju) dan 19% menyatakan (tidak setuju), persentase pada waktu 86% responden menyatakan (setuju) dan 14% menyatakan (tidak setuju). Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar secara umum menyatakan setuju, namun masih perlu adanya perbaikan dalam sistem perpustakaan yang digunakan dilayanan sirkulasi, sumber daya manusia untuk menambah petugas/pustakawan perpustakaan, sarana tempat pelayanan dan komputer di bagian layanan sirkulasi, dan masalah sanksi yang berlaku di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar. Kata Kunci : Persepsi, Layanan Sirkulasi, Perpustakaan Umum