Publikasi IAIN Batusangkar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) 1 23-TMM-A Fadli, S.E.I., M.Sy, Senin, 09.45 s.d 12.15

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) 1 23-TMM-A Fadli, S.E.I., M.Sy, Senin, 09.45 s.d 12.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan Pendidikan (Tadris) Matematika
Kode Matakuliah IBS101
Nama Matakuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Fadli, S.E.I., M.Sy
Peserta Perkuliahan 2330105001 - ADRIA FELIZA,
2330105002 - AFNI ABELLIA,
2330105003 - AGUS FITRA NABILA,
2330105004 - AMANDA RAHMADANIA,
2330105005 - ANGELIA OKTASA,
2330105006 - ANISHA RAHMI,
2330105007 - ANNISA ADHELIA,
2330105008 - AUFA SYAKIR,
2330105009 - AZEL SANDRA,
2330105010 - FAUZIAH MUSYRIFAH,
2330105011 - FEBRI WILIANTI,
2330105012 - FICI AMELIA PUTRI,
2330105013 - GHINA AZIZAH ANDRA,
2330105014 - HASBI BULLAH,
2330105015 - IFFAH AULIA MUTHMAINNAH,
2330105016 - JOKO SUSANTO,
2330105017 - JULIA MARTA DEWI,
2330105018 - LILIS TANTI YOSEVA,
2330105019 - MIFTAHUL FAUZIAH,
2330113002 - OKTAVIA ZAHARA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa S1 suatu pendekatan yang terintegrasi mengenai teori tentang konsep Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang membentuk sikap dan perilaku religius yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; berakhlak mulia; berpikir kritis, rasional, filosofis dan dinamis ; cerdas dan trampil dalam mencari, merumuskan (menulis) informasi; memahami dan trampil dalam menyampaikan ide/gagasan/informasi; berani mempertahankan dan menghargai pendapat orang lain; memahami berbagai permasalahan aktual dan mampu menyikapinya sesuai dengan perspektif nilai-nilai luhur Pancasila

3. Capaian / Kompetensi

Capaian lulusan Prodi merupakan capaian yang diharapkan tercapai setelah mahasiswa menuntaskan Studi Strata-1 (S-1). Capaian Pembelajaran Lulusan prodi terdiri dari Capaian Sikap (S), Keterampilan Umum (KU), Keterampilan Khusus (KK) dan Pengetahuan (P). Capaian Sikap (S) dan Keterampilan Umum (KU) yang rumusannya bersumber dari Lampiran Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) ditambahkan dengan kekhasan prodi atau jurusan masing-masing. Sedangkan Capaian Keterampilan Khusus (KK) dan Capian Pengetahauan (P) merupakan rumusan yang bersumber dari Asosiasi Prodi sejenis Se Indonesia. Adapun Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi/ Jurusan Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Batusangkar yang di bebankan pada mata kuliah PPKn ialah sebagai berikut :
A. ASPEK SIKAP
S-1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S-2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S-3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Kewarganegaraan;
S-4 Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;
S-5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, bertapendapat atau temuan orisinal orang lain;
S-6 Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S-7 Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S-8 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S-9 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S-10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S-11 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan Peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya

B. ASPEK KETERAMPILAN UMUM
KU-1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU-2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

C. ASPEK PENGETAHUAN
P-1 Memiliki pengetahuan agama tentang aqidah, akhlak, fiqih, alqu'an, hadis, SPI khususnya yang berkaitan tetang moderasi beragama.

D. ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
KK-3 Mampu memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang isu-isu pendidikan

Adapun Rumusan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah PPKn berdasarkan dengan CPL Program Studi/Jurusan PAI ialah sebagai berikut:
A. ASPEK SIKAP
Mahasiswa mampu bersikap religius, jujur, kreatif, cinta tanah air, toleransi, kerjasama, empati, disiplin, tanggung jawab, santun dan percaya diri serta menerapkan nilai-nilai moderatisme dan kearifan lokal dalam konteks keindonesiaan ( S-1, S-2, S-3, S-4,S-5, S-6, S-7, S-8, S-9, S-10 dan S-11)

B. KETERAMPILAN UMUM
Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya melalui mata kuliah PPKn serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-1 dan KU-2)

C. PENGUASAAN PENGETAHUAN
Mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PPKn yang berkaitan dengan konsensus nasional, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan ketaatan hukum serta ketahanan nasional serta memiliki pengetahuan yang cukup tetang moderasi beragama dalam bingkai NKRI (P-1).

D. KETERAMPILAN KHUSUS
Mahasiswa mampu menyajikan beberapa alternatif solusi dengan melakukan identifikasi, analisis dan sintesis terhadap pemecahan masalah kebijakan publik sebagai dasar pengambilan keputusan secara tepat dan akurat terutama di lingkungan tempat tinggal mahasiswa untuk memperkuat rasa kebangsaan dan cinta tanah air serta mampu memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang isu-isu pendidikan secara kreatif dan inovatif (K-3).

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Pembahasan tentang 1. Kontrak Kuliah
2. Mahasiswa mampu memahami garis besar perkuliahan.
3. Memahami Kedisiplinan dan Tata Tertib Perkuliahan
 Komunikatif
 Interakti
 Toleransi
 Kerjasama
 Kreatif
 Disiplin
 Percaya Diri
 Penguasaan konsep dan teori secara mendalam
 Kritis- Solutif
 Perkenalan Untuk mengenal potensi dan gaya belajar mahasiswa
 Integrasi Nilai Ayat Q.S, 49:13 tentang perkenalan.
 Penjelasan RPS, Kontrak Perkuliahan mata kuliah
 Mahasiswa mampu memahami
RPS.
 Simulasi Browshing Sumber pembelajaran/artikel ilmiah bereputasi
 Sistem Penilaian dan
 Pembagian kelompok
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling menginspirasi
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1,2, 9,10,11
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu memahami secara mendalam Hakikat Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Mahasiswa mampu bersikap dan menguasai :
 Religius
 Jujur
 Disiplin
 Tanggung jawab
 Kerjasama
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Hakikat Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
 Menjelaskan Konsep dan Urgensi Pendidikan Pancasila
 Menganalisis Dinamika dan Tantangan Pendidikan Pancasila
 Menjelaskan Konsep dan Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan
 Menganalisis Dinamika dan Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan
 Memaknai Q.S, 2: 143 agar menjadi warga Negara yang moderat
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling mencerahkan
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1,2, 3,4,5, 12, 13, & 19
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mampu berkontribusi dalam Membangun Negara Berkeadaban Mahasiswa mampu bersikap dan menguasai  Religius
 Jujur
 Kerjasama
 Cinta Tanah Air
 Toleransi
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Membangun Negara Berkeadaban
 Menjelaskan pengertian negara
 Menjelaskan tujuan negara
 Menjelaskan unsur-unsur negara
 Menjelaskan teori terbentuknya negara
 Menjelaskan bentuk-bentuk negara
 Menganalisis hubungan agama dan negara
 Menganalisis hubungan agama dan negara di berbagai negara Muslim
 Menganalisis hubungan agama dan negara di Indonesia
 Mengintegrasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal (Surau) untuk membangun Negara yang beradab
 Memetik Hikmah Qs, At-Taubah: 105.
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling menginspirasi
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1,2, 6,8,12, 14 & 16
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu memahami secara rinci Identitas Nasional dan Globalisasi Mahasiswa mampu bersikap  Toleransi
 Empati
 Jujur
 Disiplin
 Tanggung jawab
 Kerjasama
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
Identitas Nasional dan Globalisasi
 Menjelaskan hakikat dan dimensi identitas nasional
 Menjelaskan unsur-unsur pembentukan identitas nasional
 Menjelaskan Pancasila sebagai pembentuk Identitas Nasional.
 Menjelaskan Hubungan etnisitas, nasionalisme dan Globalisasi
 Menjelaskan multikulturalisme dan penerapannya dalam penguatan nasionalisme dan menjadi aktor dalam dunia global.
 Menggali Inspirasi Qs. Al-Maidah :2
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling mencerahkan
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1,2, 3,4,6, 12, 16, & 22
Catatan Ujian Diskusi :7 Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu menganalisis Pancasila Sebagai Sistem Nilai Mahasiswa mampu  Religius
 Jujur
 Kerjasama
 Cinta Tanah Air
 Toleransi
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Pancasila Sebagai Sistem Nilai
 Hakikat Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa Indonesia
 Hakikat Pancasila Sebagai Dasar NKRI
 Hakikat Pancasila Menjadi Ideologi Negara
 Hakikat Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
 Hakikat Pancasila Sebagai Sistem Etika
 Hakikat Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu
 Relasi Pancasila dengan Maqosidhussari’ah
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling menginspirasi
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1,2, 3,6,12, 19 & 21
Catatan Ujian Diskusi :6 Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menganalisis tentang Integrasi Nasional Mahasiswa mampu  Toleransi
 Empati
 Kerjasama
 Cinta Tanah Air
 Disiplin
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Integrasi Nasional
 Menjelaskan Konsep dan urgensi Integrasi Nasional
 Menganalisis Alasan perlunya Integrasi Nasional
 Menganalisis Sumber historis, sosio-logis, politik tentang Integrasi Nasional
 Menganalisis Argumen tentang dinamika, tantangan Integrasi Nasional
 Menganalisis Esensi dan urgensi Integrasi Nasional
 Upaya konkrit untuk meningkatkan integrasi nasional.
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling menginspirasi
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1,2, 4,7,12, 14,15,21 & 22
Catatan Ujian Diskusi :5 Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu memaknai Konstitusi dan Tata Perundang-Undangan dalam Kehidupan Bernegara Mahasiswa mampu  Disiplin
 Jujur
 Disiplin
 Tanggung jawab
 Kerjasama
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Konstitusi dan Tata Perundang-Undangan dalam Kehidupan Bernegara
 Menjelaskan Pengertian, tujuan, fungsi dan ruang lingkup konstitusi dalam kehidupan kenegaraan
 Menganalisis Urgensi konstitusi dalam kehidupan kenegaraan
 Menjelaskan Sejarah dan perkembangan konstitusi di Indonesia.
 Mengevaluasi Pola kerja lembaga Negara sebelum dan setelah amandemen UUD 1945
 Menguraikan tata urutan perundang-undangan di Indonesia
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling mencerahkan
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1,2, 3,4,5, 15 & 27
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Menguasai Materi Pembelajaran Pertemuan 1-7 Mahasiswa mampu menjawab semua soal dengan benar tanpa melanggar tata tertib UTS Mengerjakan soal UTS Menguasai 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :4 Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menganalisis tentang Hakikat Demokrasi Mahasiswa mampu : Toleransi
 Percaya Diri
 Kerjasama
 Santun
 Tanggung jawab
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Hakikat Demokrasi
 Konsep dan urgensi demokrasi
 Menjelaskan Sejarah perkembangan demokrasi di barat dan di Indonesia
 Hubungan Demokrasi dengan Nomokrasi
 Pilar-pilar demokrasi
 Integrasi nilai-nilai demokrasi dengan nilai-nilai keislaman (Q.S, 2:159, 16:125)
 Literasi politik untuk demokrasi yang berintegritas
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling menginspirasi
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1,2, 3,4, 7 ,12, 14, 15, 16,18, 19, & 26
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mahasiswa mampu menganalisis Otonomi Daerah dalam Kerangka NKRI Mahasiswa mampu  Religius
 Jujur
 Kerjasama
 Santun
 Toleransi
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Otonomi Daerah dalam Kerangka NKRI
 Hakikat otonomi daerah dan desentralisasi
 Relasi antara sentralisasi dengan desentralisasi
 Kelebihan dan kekurangan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
 Rekomendasi untuk perbaikan sistem otonami daerah di Indonesia
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling menginspirasi
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 15, 17, & 27
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu memahami secara mendalamTata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih (Good & Clean Governance) Mahasiswa mampu  Religius
 Jujur
 Kerjasama
 Tanggung jawab
 Cinta Tanah Air
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih (Good & Clean Governance)
 Pengertian good governance
 Pentingnya prinsip-prinsip good governance dalam tata kelola pemerintahan modern
 Unsur-unsur pokok dalam mewujudkan cita-cita good governance
 Kebijakan pemerintah atau lembaga terkait melalui paradigma clean & good governance
 Keterkaitan clean & good governance dengan gerakan anti korupsi
 Keterkaitan clean & good governance dengan kinerja birokrasi pelayanan publik
 Perbandingan indeks clean & good governance Indonesia dengan Negara lain.
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling mencerahkan
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 14, 22 & 24
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menganalisis HAM (Hak Asasi Manusia) Mahasiswa mampu  Percaya Diri
 Toleransi
 Kerjasama
 Tanggung jawab
 Empati
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Hakikat HAM (Hak Asasi Manusia)
 Pengertian HAM
 Perkembangan HAM dalam konteks global maupun nasional
 HAM dalam Perspektif Islam
 HAM dalam UUD 1945
 Pengadilan HAM di Indonesia
 Contoh Kasus pelanggaran HAM dan penyelesainnya
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling menginspirasi
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 14, 21 & 22
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menganalisis Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia Mahasiswa mampu  Jujur
 Cinta Tanah Air
 Kerjasama
 Tanggung jawab
 Empati
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Geopolitik dan Wawasan Nusantara
 Konsep dan urgensi geopolitik dan wawasan nusantara
 Menjelaskan Alasanperlunya wawawan nusantara
 Menjelaskan Sumber historis, sosiologis, dan politik tentang wawasan nusantara
 Menjelaskan Argumen tentang dinamika dan tantangan wawasan nusantara
 Menjelaskan Esensi dan urgensi wawasan nusantara
 Upaya memperkuat wawasan nusantara
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling mencerahkan
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 14 & 25
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menganalisis Ketahanan Nasional sebagai geostrategi Indonesia serta upaya Bela Negara secara multidimensi. Mahasiswa mampu  Mandiri
 Cinta Tanah Air
 Kerjasama
 Tanggung jawab
 Empati
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Geostrategi, Ketahanan Nasional dan Bela Negara
 Konsep dan urgensi geotrategi, ketahanan nasional dan bela negara
 Alasan perlunya ketahanan nasional dan bela negara
 Menjelaskan sumber historis, sosiologis, politik tentang ketahanan nasional dan bela negara
 Esensi dan urgensi ketahanan nasional dan bela Negara
 Hakikat Asta Gatra dalam konsepsi ketahanan nasional Indonesia
 Menjelaskan secara rinci contoh konkrit dalam menjaga ketahanan nasional dan praktik bela negara
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling menginspirasi
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 12, 13, 14 & 24
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu berkontribusi dalam Membangun Masyarakat Madani (Civil Society) Mahasiswa mampu  Cinta Tanah Air
 Religius
 Kerjasama
 Tanggung jawab
 Empati
 Penguasaan konsep secara mendalam
 Kritis-solutif,
 Kreatif dan inovatif
Membangun Masyarakat Madani (Civil Society)
 Konsep Masyarakat Madani (Civil Society)
 Nilai-nilai Masyarakat Madani (Civil Society)
 Perkembangan Masyarakat Madani (Civil Society) di Indonesia
 Keberhasilan Rasulluoh mengubah masyarakat Jahiliyah menjadi Masyarakat Madani
 Menjelaskan Praktek nilai dan semangat Masyarakat Madani (Civil Society) dalam kehidupan sehari-hari
- Lecture Method
- Daring Method
- Blended Learning
- Information Search
- Reading Guide
- Discussion
Saling mendengarkan, saling menanggapi, dan saling mendiskusikan
serta saling mencerahkan
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 12, 16 & 17
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Menguasai Materi Pembelajaran Pertemuan 9-15 Mahasiswa mampu menjawab semua soal dengan benar tanpa melanggar tata tertib UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS), Semester: 1 23-TMM-A, Dosen : Fadli, S.E.I., M.Sy, Hari: Senin, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan (Tadris) Matematika

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Umpan RSS