Abstract:
GRAMMATICAL ERRORS ON NOUN PHRASES FOUND IN STUDENTS’ DESCRIPTIVE TEXT (A Study of the Seventh Grade Students of MTsN Kamang Kecamatan Kamang Magek in 2014/2015 Academic Year)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya grammatical errors on noun pharses dalam teks deskriptif yang dibuat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis grammatical errors of noun phrases yang ditemukan pada teks deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas tujuh MTsN Kamang Kecamatan Kamang Magek tahun akademik 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek penelitiannya adalah dokumen siswa tentang teks deskriptif \kelas VII tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 45 dokumen. Dalam menganalisis dokumen, peneliti memberi kode untuk setiap teks deskriptif tersebut mulai dari D1 yang berarti dokumen deskriptif yang pertama, sampai dengan D 45 yang berarti dokumen deskriptif 45. Kemudian peneliti membaca teks deskriptif tersebut dan memberi kode untuk setiap grammatical errors in using noun phrases yang ditemukan dengan cara melingkarinya.
Berdasarkan hasil analisis data ada empat jenis errors dalam noun phrases yang ditemukan yaitu: 1. Omission of noun phrases yang terbagi atas omission of suffix “s” of head, omission of article on pre-modifier, omission of pronoun on pre-modifier, and omission of relative clause of post-modifier. 2. Misordering of noun phrases, yang terbagi atas misordering of head, and misordering of adjective phrases on pre-modifier. 3. Misformation of noun phrases yang terbagi atas misformation of using pronoun on pre-modifier. 4. Addition of noun phrases, yang terbagi atas addition of head. Diantara errors yang muncul dalam penelitian ini, errors yang paling dominant adalah misordering of adjective phrase on pre-modifier yaitu sebanyak 58 errors.