Abstract:
AFFECTIVE STRATEGIES USED BY STUDENTS IN READING COMPREHENSION V (A Study of the Fifth Semester of English Department Students of STAIN Batusangkar in 2015/2016 Academic Year)
Masalah dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya strategi yang digunakan oleh mahasiswa semester lima Program Studi Tadris Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar dalam memahami teks dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa semester lima Program Studi Tadris Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar dalam pemahaman membaca teks bahasa Inggris pada mata kuliah Reading Comprehension.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester lima Program Studi Tadris Bahasa Inggris tahun akademik 2015/2016 yang mengalami masalah dalam memahami teks dalam membaca. 79 orang sebagai responden penelitan dan 21 orang sebagai responden Try-out. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Angket yang digunakan untuk memperoleh data adalah peneliti sendiri dengan memberikan angket kepada mahasiswa semester lima Program Studi Bahasa Inggris yang berisi pernyataan strategi afektif (affective strategies) mahasiswa pada mata kuliah Reading Comprehension V. Kemudian angket dianalisis dengan menggunakan SPSS 16 untuk mencari validitas isi dan reliabilitas. Dari hasil Try out tersebut, ditemukan 14 item yang dihilangkan dan ditemukan 36 item yang valid. Sehingga, 36 item tersebutlah yang disebarkan kepada sampel penelitian.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa mahasiswa semester lima Program Studi Bahasa Inggris telah mengaplikasikan strategi afektif (affective strategies) dalam memahami teks dalam membaca pada level tinggi dengan jumlah nilai rata-rata 3,76. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata untuk masing-masing srategi dari strategi afektif diperoleh hasil yang tidak terlalu jauh berbeda, untuk mengurangi kecemasan berada pada level tinggi dengan rata-rata 3,70, untuk pengembangan diri berada pada level tinggi dengan rata-rata 3,69, untuk mengontrol emosi berada pada level tinggi dengan rata-rata 3,76, untuk memotivasi diri berada pada level tinggi dengan rata-rata 3,79, untuk mengurangi kecemasan berada pada level menengah dengan rata-rata 2,98.