Publikasi IAIN Batusangkar

Manajemen Ekstrakurikuler dan Kontribusinya Terhadap Kecerdasan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Sawahlunto”

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Marzuan
dc.date.accessioned 2017-10-27T09:29:41Z
dc.date.available 2017-10-27T09:29:41Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-08-24
dc.identifier.isbn 03.21700021
dc.identifier.isbn 13. 014
dc.identifier.issn 13. 014
dc.identifier.other 03.21700021
dc.identifier.uri 95
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa secara umum siswa MTsN Kota Sawahlunto yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rata-rata mempunyai prestasi di kelasnya, Mereka mempunyai kemampuan bersosialisasi yang baik dibandingkan dengan siswa yang tidak ikut ekstrakurikuler serta secara mental mereka menjadi lebih berani. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTsN Sawahlunto beranekaragam. Dalam hal ini tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah untuk meningkatkan keterampilan yang ada pada diri siswa. Peneltian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian field research untuk membuktikan keadaan sebenarnya dari fenomena objek yang diteliti dan dibandingkan dengan teori yang sesuai dengan masalah ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan kegiatan observasi, wawancara secara langsung dan studi dokumentasi. Observasi, wawancara langsung dan studi dokumentasi yang peneliti lakukan mengangkat manajemen ekstrakurikuler dan kontribusinya terhadap kecerdasan siswa MTsN Sawahlunto. Dalam melakukan observasi peneliti menggunakan foto digital, perakam video dan buku catatan. Dalam wawancara peneliti menggunakan panduan wawancara. Dalam Melakukan studi dokumentasi peneliti mengambil file dari sekolah yang berbentuk Soft copy dan Hard copy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Perencanaan ektsrakurikuler dalam meningkatkan kecerdasan siswa pada setiap kegitan ektsrakurikuler di MTsN Sawahlunto selalu diawali dari perencaan yang tertuang dalam program kerja yang dibuat oleh pengurus OSIS bersama pembina ektsrakurikuler dan bimbingan Kepala Sekolah. (2). Pelaksanaan ektsrakurikuler selalu dilakukan sepanjang hari. Sekolah meyakini dengan pelaksanaan yang baik akan menghasilkan apa yang diharapkan untuk membentuk kecerdasan siswa itu. Maka dari itu dalam proses, kami menekankan adanya proses pembiasaan terhadap nilai-nilai yang ditanamkan. Sehingga menjadi kepribadian siswa. (3). Evaluasi dilakukan guru pembina ektsrakurikuler dalam membantu membina terwujudnya kegiatan ektsrakurikuler yang aktif. Mulai dari perencanaan program sampai proses evaluasi serta membantu mengkomunikasikan sumber dana kegiatan kepada Kepala Madrasah. (4). Kontribusi ekstrakurikuler terhadap pembentukan kecerdasan siswa di MTsN Sawahlunto terlihat dari setiap kegiatan memberikan pengaruh yang positif terhadap siswa. Karena dari setiap kegiatan, selalu diberikan target perubahan kepada siswa. Dan hal itu akan terlihat diwaktu proses siswa dengan sesama siswa, siswa dengan guru, dan juga siswa dengan orang tua dan masyarakat
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title Manajemen Ekstrakurikuler dan Kontribusinya Terhadap Kecerdasan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Sawahlunto”
dc.type Tesis


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Tesis
    Perpustakaan Prodi MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku