Abstract:
Jenis penelitian yang digunakan adalah etnografi. Informan penelitian sebanyak 17 orang. Alat pengumpulan data adalah peneliti sebagai key instrument dan instrumen pendukung adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, catatan lapangan, kamera dan HP. Teknik pengumpulan data adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (1984) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Kepala SMK Negeri 2 Bukittinggi dalam mengimplementasikan standar isi dengan membentuk team pengembang kurikulum berkolaborasi dengan dunia usaha dalam melakukan pengembangan kurikulum. Dalam mengimplementasikan standar proses dilaksanakan pembelajaran berbasis Information and Technology (IT). Dalam mengimplementasikan standar kompetensi lulusan dengan meningkatkan prestasi bidang akademik dan non akademik, mengasah jiwa kewirausahaan melalui unit produksi dan kegiatan PKL. Dalam mengimplementasikan standar pendidik dan tenaga kependidikan dengan meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui pelatihan. Dalam mengimplementasikan standar sarana dan prasarana dengan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan dan inventarisasi. Dalam mengimpelementasikan standar pengelolaan dengan menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), merumuskan dan mensosialisasikan visi dan misi sekolah. Dalam mengimplementasikan standar pembiayaan dengan membuat perencanaan, pengelolaan dan pelaporan pembiayaan sekolah. Dalam mengimplementasikan standar penilaian dengan melakukan penilaian berbasis Information and Technology (IT).
Kata kunci: Kepala Sekolah, Strategi, Implementasi, Standar Nasional Pendidikan