Publikasi IAIN Batusangkar

PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MI RAHMAH EL-YUNUSIYYAH PADANG PANJANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Dasri Sila
dc.date.accessioned 2017-10-27T09:29:46Z
dc.date.available 2017-10-27T09:29:46Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-08-23
dc.identifier.isbn 03.21700018
dc.identifier.isbn 14004
dc.identifier.issn 14004
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Langkah kepala madrasah dalam menyusun rencana kerja di MI Rahmah ElYunusiyyah. (2) Kegiatan kepala madrasah dalam mengimplementasikan rencana kerja di MI Rahmah ElYunusiyyah. (3) Kegiatan evaluasi dan monitoring yang dilakukan oleh kepala madrasah di MI Rahmah ElYunusiyyah. (4) Faktor yang mendukung dan menghambat kepala madrasah dalam memimpin MI Rahmah El-Yunusiyyah. Penelitian ini dilakukan di MI Rahmah El-Yunusiyyah Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan :(1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Dokumentasi; Informan kunci diambil cara judgment sumpling sedangkan informan tambahan dengan cara snowball sampling. Hasil penelitian ini adalah ;(1) Penyusunan Perencanaan Rencana Kerja Kepala madrasah melibatkan unsur Guru, Pihak Perguruan, Komite dan wali murid. (2) Implementasi rencana kerja semua pelaksanaaan kegiatan dilakukan secara terbuka dan selalu berkordinasi dengan Pimpinan dan pihak perguruan sekolah bahkan dilibatkan baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Dengan jumlah guru yang hanya 21 dan yang berstatus PNS hanya 4 orang ,dan sisa orang hanya berstatus kontrak dan tetap yayasan ternyata hal tersebut tidak menjadi hambatan untuk meningkatkan prestasi siswa, (3) Evaluasi dan Monitoring : (a) Setiap kegiatan selalu dievaluasi, (b) Evaluasi bertujuan untuk mengetahui hasil kegiatan dan sebagi bahan pertimbangan kegiatan diwaktu yang akan datang, (c) Evaluasi dilaksanakan secara terbuka dalam forum dewan guru, (d) Pengawasan dilaksanakan secara terbuka dan berkesinambungan yang diketahui semua pihak. (4) Faktor pendukung: dukungan guru walaupun guru di MI Rahmah El-Yunusiyyah masih banyak yang berstatus non PNS namun mereka tetap memperlihatkan loyalitas dan team work yang kompak dan transparan. Faktor penghambat: (1) kondisi jarak tempuh anak dari rumah ke sekolah yang cukup jauh (2) Pertukaran guru agak menghambat lancarnya pelaksanaan pembelajaran Kata kunci: Perencanaan, Pengorganisasian, Kepemimpinan
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MI RAHMAH EL-YUNUSIYYAH PADANG PANJANG
dc.type Tesis


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Tesis
    Perpustakaan Prodi MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku