Abstract:
Kemampuan pemahaman konsep merupakan pokok penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemahaman konsep seorang siswa akan lebih baik jika prosedur dalam menyelesaikan sebuah masalah matematika juga dipahami dengan baik. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah kemampuan pemahaman konsep siswa masih kurang, dimana daya tangkap yang dimiliki siswa secara keseluruhan masih merata. Pengetahuan prosedural siswa masih kurang, siswa kurang fokus dan konsentrasi dalam belajar Matematika. Tujuan pembahasan ini untuk (1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII.2 MTsN Sungai Jambu (2) mendeskripsikan pengetahuan prosedural siswa kelas VIII.2 MTsN Sungai Jambu.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dan metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTsN Sungai Jambu. Sumber data adalah siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 16 orang. Data kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural siswa diperoleh menggunakan tes dan wawancara. Data tes kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural siswa kelas VIII.2 MTsN Sungai Jambu dianalisis dengan prosedur: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan sementara, verifikasi data dan penarikan kesimpulan akhir.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: secara umum kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII.2 MTsN Sungai Jambu tergolong cukup memuaskan dengan rata-rata 7,9 yaitu 49,6% dari skor ideal. Pengetahuan prosedural siswa kelas VIII.2 MTsN Sungai Jambu tergolong cukup memuaskan dengan rata-rata 6,7 yaitu 56% dari skor ideal.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Pengetahuan Prosedural