Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah Supervisi Akademik yang dilakukan oleh Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Tabek Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah, yang dimulai dari perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, tindak lanjut supervisi akademik dan evaluasi hasil/dampak supervisi akademik. Supervisi Akademik Kepala Madrasah akan dilihat pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Penilaian kinerja guru akan dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi atau penilaian terhadap peserta didik dan yang terakhir adalah tindak lanjut oleh guru di Madrasah Tsanawiyah Tabek Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penyebaran angket dengan menggunakan skala Likert. Alternatif jawabannya adalah “selalu, sering, kadang-kadang, jarang dan tidak pernah”. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. Koefisien korelasi yang diberikan ariable akademik kepala madrasah terhadap Kinerja Guru adalah sedang yaitu sebesar 0,594 atau 0,594% dan selebihnya dipengaruhi oleh ariab lain yang tidak menjadi ariable dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru, dan Madrasah Tsanawiyah Tabek