Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.advisor | RINA YULITRI, M. PD | |
dc.contributor.advisor | DRA. HADIARNI, M.PD., KONS. | |
dc.contributor.author | AFRIANTO | |
dc.contributor.editor | AFRIANTO | |
dc.contributor.other | DRA. FADHILAH SYAFWAR, M.PD. | |
dc.contributor.other | DASRIL, S.AG., M.PD. | |
dc.date.accessioned | 2018-03-02T01:25:29Z | |
dc.date.available | 2018-03-02T01:25:29Z | |
dc.date.copyright | Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar | |
dc.date.issued | 2018-03-26 | |
dc.identifier | 13108006 | |
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/9429 | |
dc.description | Kata Kunci : Layanan bimbingan klasikal, kemandirian belajar | |
dc.description.abstract | ABSTRAK AFRIANTO. NIM, BK 13 108 006 judul SKRIPSI “Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Kelas VII MTSN PASIR LAWAS”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan klasikal terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap kemandirian belajar siswa di MTsN Pasir Lawas. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis data paired sample t test dengan menggunakan rumus uji t. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design, yaitu dengan mengukur kemandirian belajar kelompok eksperimen menggunakan instrument yang sama pada pengukuran pretest dan postest. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN Pasir Lawas yang memiliki kemandirian belajar rendah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 18 orang, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, yakninya tingkat kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa adanya peningkatan kemandirian belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan klasikal.Hasil analisis data dengan menggunakan uji t didapatkan nilai thitung (12.6) > ttabel (2,90) pada taraf signifikansi 1%, artinya, H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal terhadap kemandirian belajar siswa. | |
dc.publisher | BIMBINGAN KONSELING | |
dc.subject | Layanan bimbingan klasikal, kemandirian belajar | |
dc.title | Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Kelas VII MTSN PASIR LAWAS | |
dc.type | Thesis S1 |