Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Kelas VII MTSN PASIR LAWAS

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor RINA YULITRI, M. PD
dc.contributor.advisor DRA. HADIARNI, M.PD., KONS.
dc.contributor.author AFRIANTO
dc.contributor.editor AFRIANTO
dc.contributor.other DRA. FADHILAH SYAFWAR, M.PD.
dc.contributor.other DASRIL, S.AG., M.PD.
dc.date.accessioned 2018-03-02T01:25:29Z
dc.date.available 2018-03-02T01:25:29Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.date.issued 2018-03-26
dc.identifier 13108006
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/9429
dc.description Kata Kunci : Layanan bimbingan klasikal, kemandirian belajar
dc.description.abstract ABSTRAK AFRIANTO. NIM, BK 13 108 006 judul SKRIPSI “Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Kelas VII MTSN PASIR LAWAS”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan klasikal terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap kemandirian belajar siswa di MTsN Pasir Lawas. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis data paired sample t test dengan menggunakan rumus uji t. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design, yaitu dengan mengukur kemandirian belajar kelompok eksperimen menggunakan instrument yang sama pada pengukuran pretest dan postest. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN Pasir Lawas yang memiliki kemandirian belajar rendah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 18 orang, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, yakninya tingkat kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa adanya peningkatan kemandirian belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan klasikal.Hasil analisis data dengan menggunakan uji t didapatkan nilai thitung (12.6) > ttabel (2,90) pada taraf signifikansi 1%, artinya, H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal terhadap kemandirian belajar siswa.
dc.publisher BIMBINGAN KONSELING
dc.subject Layanan bimbingan klasikal, kemandirian belajar
dc.title Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Kelas VII MTSN PASIR LAWAS
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku