Publikasi IAIN Batusangkar

“FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MEMILIH TABUNGAN MUDHARABAH DI BANDINGKAN DENGAN TABUNGAN WADI’AH PADA BMT AT-TAQWA MUHAMMADIYAH PADANG CABANG SITEBA”

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor IFELDA NINGSIH,S.E.I.,MA
dc.contributor.advisor NAILUR RAHMI, M.AG.
dc.contributor.author LENI AFRIANI
dc.contributor.editor LENI AFRIANI
dc.date.accessioned 2018-03-02T01:30:46Z
dc.date.available 2018-03-02T01:30:46Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.identifier 13202078
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/9784
dc.description Kata Kunci : Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah, Tabungan Mudharabah, dan Tabungan Wadi’ah
dc.description.abstract ABSTRAK LENI AFRIANI, NIM 13 202 078, Judul Skripsi “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MEMILIH TABUNGAN MUDHARABAH DIBANDINGKAN DENGAN TABUNGAN WADI’AH PADA BMT AT-TAQWA MUHAMMADIYAH PADANG CABANG SITEBA”, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2017. Dalam penulisan skripsi ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana pelaksanaan tabungan mudharabah pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Padang Cabang Siteba dan bagaimana pelaksanaan tabungan wadi’ah pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Padang Cabang Siteba serta apa saja faktor yang mempengaruhi nasabah memilih tabungan mudharabah dibandingkan dengan tabungan dengan akad wadi’ah yaitu tabungan pendidikan, tabungan haji, tabungan qurban dan tabungan walimah pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Padang Cabang Siteba. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah field research yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, kemudian membaca, menelaah selanjutnya menganalisis data yang diperlukan dengan berbagai landasan teori dan terakhir menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Padang Cabang Siteba, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tabungan mudharabah pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Padang Cabang Siteba dengan sistem jemput bola dan penarikannya dapat dilakukan setiap saat jam kerja dan nasabah memperoleh bagi hasil sesuai kesepakatan. Sedangkan pelaksanaan tabungan wadi’ah pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Padang Cabang Siteba penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu karena tabungan wadi’ah ini bersifat titipan, dimana nasabah akan memperoleh bonus. Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah memilih tabungan mudharabah dibandingkan dengan tabungan wadi’ah pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Padang Cabang Siteba terdiri dari: a. keunggulan produk yaitu sistem jemput bola dalam menjemput tabungan langsung ke nasabah tabungan pada tabungan mudharabah serta sistem penarikan yang dapat dilakukan setiap saat dalam jam kerja pada tabungan mudharabah dan penarikan pada waktu tertentu saja pada tabungan dengan akad wadi’ah yaitu tabungan pendidikan, tabungan haji, tabungan qurban dan tabungan walimah, b. Keunggulan harga menyeluruh, dengan membebaskan biaya administrasi bulanan dan penetapan margin yang cukup tinggi pada tabungan mudharabah dan pemberian bonus pada tabungan dengan akad wadi’ah, c. Tempat/lokasi yang dekat dengan pasar, d. cara promosi yang dilakukan dengan promosi langsung yaitu dengan berbagai alternative yaitu brosur, iklan di radio, media social serta promosi langsung dengan cara mulut ke mulut.
dc.publisher PERBANKAN SYARIAH
dc.subject Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah, Tabungan Mudharabah, dan Tabungan Wadi’ah
dc.title “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MEMILIH TABUNGAN MUDHARABAH DI BANDINGKAN DENGAN TABUNGAN WADI’AH PADA BMT AT-TAQWA MUHAMMADIYAH PADANG CABANG SITEBA”
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku