Abstract:
EFEKTIVITAS BIBLIOTHERAPY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMPATI SISWA KELAS VII DI SMPN 9 SIJUNJUNG
OLEH: PUTRI ZAHARA
PUTRI ZAHARA. NIM, BK 12 108 021 judul SKRIPSI “Efektivitas Bibliotherapy dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Siswa Kelas VII di SMPN 9 Sijunjung”.Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah bibliotherapy efektif dalam meningkatkan kemampuan empati siswa kelas VII di SMPN 9 Sijunjung”. Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas bibliotherapydalam meningkatkan kemampuan empati siswa.
Jenispenelitian yang peneliti gunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu desain Pre-Exsperimental design, tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 9 Sijunjung yang berjumlah 49 orang siswa, Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIyang memiliki kemampuan empati rendah yang berjumlah 20 orang. Penentuan sampel ini diambil dari hasil pengolahan skala kemampuan empati siswa. Hipotesis penelitian ini adalah “Bibliotherapy efektif dalam meningkatkankemampuanempatisiswa”.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa teknik bibliotherapy signifikan dalam meningkatkan kemampuan empati siswa yang rendah, hal ini dibuktikan dengan skor hasil posttest yang meningkat dibandingkan dengan skorpretest. Adapun cara pengukurannya dengan membandingkan besarnya t hitung dan besarnya t tabel pada taraf signifikasi 5 % dengan df 19 makadapat diketahuibahwa thitung lebih besar dari ttabel (thitung >ttabel).Dengandemikian, makahipotesisalternatif (Ha)yang menyatakan bibliotherapyefektifdalammeningkatkankemampuanempatisiswa diterima dan (Ho) yang menyatakan bibliotherapy tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan empati siswa ditolak.