Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | Rena Lestari | |
dc.date.accessioned | 2018-05-17T05:10:20Z | |
dc.date.available | 2018-05-17T05:10:20Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2018-02-20 | |
dc.identifier.isbn | 02.21800055 | |
dc.identifier.isbn | 14131044 | |
dc.identifier.issn | 14131044 | |
dc.identifier.other | 02.21800055 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/9934 | |
dc.description.abstract | Rena Lestari, NIM 14 131 044, Judul Skripsi: “Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di MTsN Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar”, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2018. Pokok Permasalahan dalam penelitian ini adalah MTsN Sungai Jambu masih memiliki jumlah peserta didik yang sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MTsN Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data ini menggunakan Presistent observation (ketekunan pengamatan), Triangulasi dan Menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTsN Sungai jambu telah melakukan strategi untuk meningkatkan jumlah peserta didik dengan menggunakan dua strategi, yaitu: strategi interen madrasah dan strategi eksteren madrasah. Adapun langkah yang dilakukan dalam strategi interen madrasah, yaitu: 1) Meningkatkan kualitas peserta didik, dalam bentuk upaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menerapkan nilai-nilai Islam, memprioritaskan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta Life Skill (Kecakapan Hidup), melakukan kerja sama yang baik antar tenaga pendidik (guru) dan kepala madrasah untuk melaksanakan program yang menunjang proses pembelajaran, dan mengembangkankan potensi peserta didik dalam kegiatan OSIS dan Ekstrakurikuler; 2) Memperbaiki sarana prasarana madrasah, diantaranya melakukan renovasi ruangan, pengecetan, pembuatan taman, yang pada prinsipnya menjadikan penampilan sekolah menjadi lebih menarik. Sedangkan strategi eksteren madrasah, dilakukan dengan langkah sebagai berikut: 1) Turun Berdakwah (TURBA), adapun kegiatannya yaitu MTsN Sungai Jambu melakukan dakwah ke sekolah-sekolah sekaligus memperkenal MTsN Sungai Jambu ini dan informasi tentang madrasah ini; dan 2) Pembuatan Brosur, brosur yang dibuat oleh MTsN Sungai Jambu memuat beberapa infromasi seperti, denah lokasi, syarat pendaftaran, visi-misi madrasah, kegiatan yang dilaksanakan, prestasi yang sudah diraih, sarana prasarana yang dimiliki, dan tenaga pendidik. Kendala dalam melaksanakan strategi yaitu, pertama madrasah mengalami kesulitan karena sekolah dan masyarakat kurang merespon dari strategi yang telah dijalankan tersebut. Kendala kedua yaitu adanya persaingan yang ketat antar lembaga pendidikan | |
dc.format | Text | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.title | Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di MTsN Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar | |
dc.type | Skripsi |