Publikasi IAIN Batusangkar

Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Bermain Papan Baca (Penelitian Tindakan Kelad Pada Kelompok B TK Negeri Lawang Kecamatan Matur)

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SANTI MARTALINA
dc.date.accessioned 2018-05-17T05:53:36Z
dc.date.available 2018-05-17T05:53:36Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-08-29
dc.identifier.isbn 12 132 059
dc.identifier.isbn 12 132 059
dc.identifier.issn 12 132 059
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi kurangnya kemampuan membaca anak. Hal ini disebabkan anak kurang berminat apa bila mteri ini disampaikan berulang-ulang , anak merasa bosan dan tidak bisa memusatkan perhatiannya waktu guru menyampaikan materi ini. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Negeri Lawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian adalah Kelompok B TK Negeri Lawang pada semester II Tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 15 orang dengan jumlah anak laki-laki 7 orang dan anak perempuan 8 orang. Data tentang kemampuan anak dalam proses pembelajaran diperoleh dari lembaran observasi dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pelaksanaan kegiatan siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, pada kondisi awal nilai rata-rata kemampuan membaca anak pada aspek 1 berkembang sesuai harapan adalah 20%, aspek ke 2 dengan persentase 13%, aspek ke 3 dengan persentase 13%, aspek ke 4 dengan persentase 6%. pada siklus I nilai rata-rata kemampuan membaca anak pada aspek 1 berkembang sesuai harapan adalah 47%, aspek ke 2 dengan 60%, aspek ke 3 dengan persentase 47%, aspek ke 4 dengan persentase 53%.. pada siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca anak pada aspek 1 berkembang sesuai harapan adalah 80%, aspek ke 2 dengan 80%, aspek ke 3 dengan persentase 73%, aspek ke 4 dengan persentase 80%. Dari hasil penelitian bermain dengan menggunakan metode papan baca terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca anak melalui metode bermain papan baca di TK Negeri Lawang Kecamatan Matur.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Bermain Papan Baca (Penelitian Tindakan Kelad Pada Kelompok B TK Negeri Lawang Kecamatan Matur)
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku