Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh Layanan Informasi dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas VIII E di SMP N 2 Kubung Kabupaten Solok

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor DR. MASRIL, M.PD., KONS
dc.contributor.advisor SISRAZENI, S.PSI., M.PD.
dc.contributor.author RONI SAPTA WIJAYA
dc.contributor.editor RONI SAPTA WIJAYA
dc.contributor.other DRA. HADIARNI, M.PD., KONS.
dc.contributor.other DRA. DESMITA, M.SI.
dc.date.accessioned 2018-05-30T01:01:54Z
dc.date.available 2018-05-30T01:01:54Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.date.issued 2018-02-22
dc.identifier 13108129
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/10623
dc.description Kata Kunci : Self regulated learning
dc.description.abstract ABSTRAK RONI SAPTA WIJAYA. NIM, BK 13 108 129 judul SKRIPSI “PENGARUH LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS VIII.E DI SMP N 2 KUBUNG KABUPATEN SOLOK”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya siswa yang kurang memiliki self regulated learning di kelas VIII.E SMP Negeri 2 Kubung. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan self regulated learning siswa di kelas VIII.E SMP Negeri 2 Kubung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (layanan informasi) dalam meningkatkan variabel Y (self regulated learning). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah layanan informasi tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan self regulated learning siswa dan Hipotesis (Ha) Layanan informasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan self regulated learning siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kubung. Sampel penelitian yaitu 23 siswa kelas VIII.E. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala. Treatment diberikan dengan melaksanakan layanan informasi. Materi layanan yang diberikan yaitu, metakognisi, memotivasi diri, dan berperilaku aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi berpengaruh signifikan terhadap self regulated learning siswa pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 2,82, dengan membandingkan besarnya t hitung sebesar 14,74 dan t tabel sebesar 2,82 taraf signifikansi 1%. Artinya layanan informasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan self regulated learning siswa pada taraf signifikansi 1%. Kata kunci: layanan informasi, self regulated learning.
dc.publisher BIMBINGAN KONSELING
dc.subject Self regulated learning
dc.title Pengaruh Layanan Informasi dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas VIII E di SMP N 2 Kubung Kabupaten Solok
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku