Abstract:
KHOIRUNNISA AGENG DWI SAHARA, NIM: 14 106 031, Judul Skripsi: “Penerapan Model Simulasi Berbasis Bioedutainment pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Pasaman Barat”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2019.
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran biologi. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya belum adanya startegi dan model lain yang mengoptimalkan kemandirian, aktivitas dan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model simulasi berbasis bioedutainment pada materi sistem peredaran darah/ sirkulasi kelas XI IPA di MAN 3 Pasaman Barat lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimen, dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Pasaman Barat yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik total sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 83,14 dengan persentase ketuntasan 80.95% dan rata-rata hasil belar peserta didik pada kelas kontrol adalah 67,40 dengan persentase ketuntasan 30%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dari perhitungan diperoleh thitung=3,744 sedangkan ttabel=1,723 pada taraf nyatanya . Karena thitung> ttabel sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian hasil belajar biologi peserta didik dengan menerapkan model simulasi taman sirkulasi berbasis bioedutainment lebih baik dari hasil belajar biologi peserta didik dengan menerapkan metode konvensional