Abstract:
FITRY UTAMI, NIM. 14 106 019, judul skripsi “PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK KELAS VIII SMPN 1 SUNGAI TARAB ” Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019. Skripsi ini berjumlah 70 halaman.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar biologi siswa khususnya kelas VIII di SMP N 1 Sungai Tarab masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata Ujian Tengah Semester I. Rendahnya hasil belajar biologi dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya dalam proses pembelajaran lebih sering menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat kepada guru dan monoton menyebabkan siswa menjadi bosan, siswa kurang memperhatikan pelajaran, dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi group to group exchange lebih baik daripada pembelajaran konvensional SMP N 1 Sungai Tarab pada materi Sistem Peredaran Darah.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab yang berjumlah 102 orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VIII A yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 24 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir pada kedua kelas sampel, dan tes akhirnya berupa tes objektif.
Hasil penelitian pada penilaian kognitif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,12 dan rata-rata kelas kontrol adalah 70,79. Sedangkan pada uji t didapatkan bahwa nilai thitung yaitu 2,72 > dari pada ttabel yaitu 2,02, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil analisis pada lembar penilaian afektif siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,18 dan rata-rata kelas kontrol adalah 63,74. Hasil analisis pada lembar penilaian psikomotor siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,67 dan rata-rata kelas kontrol adalah 65. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi group to group exchange lebih baik daripada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab.