Abstract:
DYAH AYU SEKARINI, NIM. 14 106 012, judul skripsi “ANALISIS KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM BIOLOGI DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMAN SEKABUPATEN TANAH DATAR” Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019.
Pokok permasalahan yang menjadi focus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kesiapan sarana dan prasarana laboratorium biologi berdasarkan Standarisasi Permendiknas No 24 Tahun 2007 di SMA Negeri Se- Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan sarana dan prasarana laboratorium biologi berdasarkan Standarisasi Permendiknas No 24 Tahun 2007 di SMA Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode komparatif yaitu membandingkan sarana dan prasarana laboratorium biologi yang ada si SMAN Se-Kabupaten Tanah Datar yaitu ruang laboratorium biologi dan kelengkapan alat laboratorium dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2007, untuk kemudian dikaji kesesuiannya dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dan mendeskripsikan beberapa fasilitas yang terdapat di laboratorium biologi. Populasi dalam penelitian ini adalahSMA Negeri se-Kabupaten Tanah Datar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Sampel penelitian adalah 10 Sekolah SMA Negeri se-kabupaten Tanah Datar yang memiliki laboratorium Biologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi.Responden dalam penelitian ini adalah guru beserta siswa kelas XI IPA.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata kesiapan sarana prasarana laboratorium Biologi berdasarkan standarisasi Permendiknas No. 24 Tahun 2007 SMA Negeri se-kabupaten Tanah Datar melalui lembar observasi adalah 85% termasuk kategori sangat siap. artinya belum memenuhi standar minimal dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007, dan dapat dilihat dari enam aspek memperoleh persentase masing-masing: 1) aspek prasarana 100% (sangat siap), 2) aspek perabot 85,71% (sangat siap), 3) aspek peralatan pendidikan: a) aspek peraga 71%, (siap) b) aspek alat dan bahan percobaan 67,75% (siap), 4) aspek media pendidikan 100% (sangat siap), 5) aspek bahan habis pakai 72,07% (siap), 6) aspek perlengakapn lain-lainnya 81% (sangat siap).