Abstract:
LINDA ROSALIA, NIM 14 106 034, Judul Skripsi: “Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII MTsN 13 Tanah Datar”. Skripsi Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan Rotating Trio Exchange (RTE) berbantuan handout pada pembelajaran IPA kelas VIII MTsN 13 Tanah Datar dari segi aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimental desain dalam penelitian ini peneliti menggunakan Posttest Only Control Desaign. Dari hasil perhitungan statistik didapatkan populasi berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan lot. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 13 Tanah Datar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 lokal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran ini berpengaruh terhadap keaktifan siswa yang dibuktikan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar. Hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) berbantuan handout juga lebih baik dari hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen 85.18 dan kelas kontrol 75.54.