Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | WINDI TAURESTA | |
dc.date.accessioned | 2020-02-21T01:34:47Z | |
dc.date.available | 2020-02-21T01:34:47Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2019-12-11 | |
dc.identifier.isbn | 14106076 | |
dc.identifier.isbn | 14106076 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21900770 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12787 | |
dc.description.abstract | WINDI TAURESTA, NIM. 14 106 076 Judul Skripsi “Pengembangan Media Jigsaw Puzzle Berbasis Android Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Kelas XI MAN 1 Payakumbuh”. Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan membuat banyak bermunculan media pembelajaran seperti media cetak atau elektronik yang mampu membimbing peserta didik menjadi lebih mandiri dalam penguasaan konsep serta melibatkan pengalaman langsung kepada peserta didik, maka peneliti mengembangkan media jigsaw puzzle berbasis android pada materi sistem pencernaan di kelas XI MIA MAN 1 Payakumbuh. Tujuan umum pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan media jigsaw puzzle berbasis android pada materi sistem pencernaan di kelas XI MIA MAN 1 Payakumbuh. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media jigsaw puzzle berbasis android pada materi sistem pencernaan di kelas XI MIA MAN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development), model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, and disseminate. Pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tahap validasi, praktikalitas dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas, lembar angket praktikalitas produk dan lembar pedoman wawancara. Lembar validasi dianalisis dengan menggunakan rumus persentase validasi, sedangkan hasil lembar wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di lapangan, hasil yang peneliti dapatkan adalah media jigsaw puzzle berbasis android bersifat valid dengan persentase 76.46% melalui uji validitas. Sedangkan uji praktikalitas melalui angket respos siswa dikategorikan sangat praktis dengan persentase 81.14%, dan angket respon guru dikategorikan praktis dengan persentase 76.39%. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi-Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA JIGSAW PUZZLE BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK KELAS XI MAN 1 PAYAKUMBUH SKRIPSI | |
dc.type | Skripsi |