Publikasi IAIN Batusangkar

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 PARIANGAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SEPTYANA SARY
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:35:03Z
dc.date.available 2020-02-21T01:35:03Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-12-12
dc.identifier.isbn 14106066
dc.identifier.isbn 14106066
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900728
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12788
dc.description.abstract Septyana Sary, NIM 14 106 066, Judul Skripsi “Penerapan Strategi Pembelajaran Probing Prompting terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Pariangan”. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu bergesernya pola pembelajaran konvensional berdasarkan KTSP yang semula berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang terpusat pada peserta didik, kurangnya kombinasi model pembelajaran dan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan hasil belajar IPA dalam pembelajaran biologi peserta didik yang kurang maksimal, perlu dilakukan pelaksanaan suatu strategi yang efektif terhadap hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dilihat dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor dengan penerapkan model pembelajaran Probing Prompting lebih baik dari hasil belajar peserta didik dengan penerapan strategi pembelajaran konvensional dalam pembelajaran biologi kelas VII di SMPN 1 Pariangan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, kemudian dianalisis untuk merumuskan hipotesis penelitian yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Pariangan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan VII 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes kedua sampel setelah penerapan model pembelajaran Probing Prompting di kelas eksperimen dan strategi konvensional di kelas kontrol. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t didapatkan bahwa nilai t hitung yaitu 0,64> dari 1,9 pada t tabel yaitu, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar dan rata-rata hasil belajar peserta didik pada penilaian kognitif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,81 dan rata-rata kelas kontrol adalah 76,97. Hasil penilaian afektif peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,69 dan rata-rata kelas kontrol adalah 73,28. Hasil penilaian psikomotor peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,79 dan rata-rata kelas kontrol adalah 72,73. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi peserta didik dengan penerapan strategi pembelajaran Probing Prompting lebih baik dari pada hasil belajar dengan strategil pembelajaran konvensional pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas VII SMPN 1 Pariangan.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Metode Belajar
dc.subject.ddc 371.39
dc.subject.ddc 371.39
dc.title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 PARIANGAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku