Publikasi IAIN Batusangkar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN HANDOUT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS VIII SMP N 3 SUNGAYANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author WULAN MARDIAN SARI
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:35:14Z
dc.date.available 2020-02-21T01:35:14Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-12-11
dc.identifier.isbn 15 300 600 079
dc.identifier.isbn 15 300 600 079
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900713
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12790
dc.description.abstract WULAN MARDIAN SARI, NIM 15 300 600 079, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Handout Pada Pembelajaran Biologi Di Kelas VIII SMP N 3 Sungayang”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2019. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP N 3 Sungayang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan handout pada pembelajaran Biologi di kelas VIII SMP N 3 Sungayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Sungayang yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian untuk hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,17 dengan persentase ketuntasan 79,17% dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,20 dengan persentase ketuntasan 56,00%. Dari uji hipotesis diperoleh t hitung = 2,82 dan t tabel = 1,68 (t hitung > t tabel) sehingga hipotesis diterima yakni hasil belajar Biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan handout lebih baik dari pada hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa diperoleh persentase motivasi belajar siswa pada setiap indikator berada pada rentang skor yang 88,06% - 92,71% dengan kriteria sangat tinggi dan rata-rata persentase motivasi belajar Biologi siswa setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative script berbantuan handout adalah 90,13% dengan kriteria sangat tinggi.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Metode Belajar
dc.subject.ddc 371.39
dc.subject.ddc 371.39
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN HANDOUT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS VIII SMP N 3 SUNGAYANG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku