Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA SMAN 7 SIJUNJUNG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RAHMI AFRIDA SARI
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:35:57Z
dc.date.available 2020-02-21T01:35:57Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-12-09
dc.identifier.isbn 15 300 600 054
dc.identifier.isbn 15 300 600 054
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900538
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12802
dc.description.abstract RAHMI AFRIDA SARI, NIM. 15300600054 judul skripsi “Pengaruh Metode Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA SMAN 7 Sijunjung” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019, 300 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, 2) sebagian siswa belum tepat menjawab pertanyaan yang diberikan guru pada proses pembelajaran, 3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang bersifat monoton, 4) media pembelajaran masihkurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan metode Pictorial Riddle. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian true experimental dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA SMAN 7 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 66 orang siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI MIPA 1 berjumlah 33 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 berjumlah 33 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tesakhir pada kedua kelas sampel, dan tesakhirnya berupa tes essay sebanyak 6 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 81,82 lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa kelas control yaitu 74,45. Sedangkan pada uji t’ didapatkan tHitung= 2,63 dan tTabel= 1,645 maka H0 ditolak karena tHitung > tTabel atau , dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kemampuan berpikirkritis siswa yang menggunakan metode Pictorial Riddle lebih baik dari kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas XI MIPA SMAN 7 Sijunjung.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Metode Belajar
dc.subject.ddc 371.39
dc.subject.ddc 371.39
dc.title PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA SMAN 7 SIJUNJUNG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku