Abstract:
Zahratul Maulani, NIM 15300600086, Judul Skripsi “Penerapan Pendekatan Kontekstual dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada Pembelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 3 Pariangan”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 3 Pariangan. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas hanya terpusat pada guru, siswa masih belum mampu mengaitkan dan mengaplikasikan konsep pembelajaran IPA dengan kehidupan sehari-hari, guru kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif dan kebanyakan dari siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru, pembelajaran yang demikian akan membuat siswa bosan sehingga membuat proses pembelajaran menjadi monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif dengan penerapan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Pariangan.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis true experimental dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes objektif bentuk pilihan ganda dan lembar observasi afektif. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, kemudian dianalisis untuk merumuskan hipotesis penelitian yang diajukan. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 78,00 sedangkan pada kelas kontrol adalah 70,81. Pada aspek afektif siswa menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran kooperatif tipe CRH berada pada kriteria deskriptif sangat baik yaitu 83,26. Dari uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel dimana 2,583 > 1,671 sehingga hipotesis penelitian diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran kooperatif tipe CRH lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMPN 3 Pariangan.