Abstract:
Ulva Weri Oktari, NIM 1530060076, Judul Skripsi “Penerapan Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik Berbantuan Media Video Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MIA MAN 2 Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas X MIA MAN 2 Tanah Datar masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata penilaian harian yang masih banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada ranah afektif siswa seperti kerjasama, tanggung jawab, toleransi, percaya diri dan disiplin masih sangat rendah serta keterampilan berpikir siswa dalam memecahkan masalah masih belum maksimal. Rendahnya hasil belajar biologi dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya dalam proses pembelajaran lebih sering menggunakan model pembelajaran yang berpusat kepada guru dan monoton menyebabkan siswa menjadi bosan, siswa kurang memperhatikan pelajaran, dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan penerapan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristic berbantuan media video lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Tanah Datar tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif dengan tes objektif sebanyak 26 soal. Sementara data ranah afektif dan psikomotor siswa didapat menggunakan lembar observasi yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian pada ranah kognitif menunjukkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,73 dan rata-rata kelas kontrol adalah 67,18. Sedangkan pada uji t didapatkan bahwa nilai thitung yaitu 4,565 > dari pada ttabel yaitu 1,645, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil analisis pada lembar penilaian afektif siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,83 dan rata-rata kelas kontrol adalah 65,87. Hasil analisis pada lembar penilaian psikomotor siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 100 dan rata-rata kelas kontrol adalah 98,30. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan penerapan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik berbantuan media video lebih baik daripada hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan model pembelajaran konvensional di kelas X MIA MAN 2 Tanah Datar.