Abstract:
NADIRA YOVINA. NIM 1300600036 judul skripsi “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Socio Biological Case Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Sungai Tarab”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2019.
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah atau belum baik, pembelajaran belum dapat melibatkan dan mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, dan masih banyak siswa belum dapat mengolah keterampilan nalar, bertanya, dan analisisnya. pembelajaran yang masih bersifat konvensional (ceramah, diskusi, dan tanya jawab) yang tidak mengacu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, Model pembelajaran Socio-Biological Case Based learning perlu dilaksanakan dalam proses pembelajaran karena model pembelajaran ini mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan belajar melalui serangkaian proses pemecahan masalah yang sedang hangat terjadi di lingkungan sosial kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Socio-Biological Case Based Learning lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran Biologi kelas X MIPA SMAN 1 Sungai Tarab
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian true experimental. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang akan dilakukan yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis siswa. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi kedua kelompok data, dan pengujian hipotesis secara statistik yaitu uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Socio Biological Case Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan kemampuan rata-rata skor keseluruhan dari 4 aspek kemampuan berpikir kritis pada posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70,50% dengan kategori kritis dan rata-rata kelas kontrol adalah 53,4% dengan kategori kurang kritis.