Abstract:
Lulu Pitriana. NIM 15 300 600 030. Judul Skripsi: “Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dibantu Dengan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XI MIA MAN 2 Payakumbuh”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah sebagaian siswa yang lebih memahami bahasa yang digunakan teman sebaya dari pada bahasa guru dan rendahnya hasil belajar siswa.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Biologi dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya dibantu dengan peta konsep lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas XI MIA MAN 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA MAN 2 Payakumbuh sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari tes objektif sebanyak 30 butir soal.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar Biologi siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran tutor sebaya dibantu dengan peta konsep lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.