Abstract:
YANI KAHAR, NIM 15300600080, Judul Skripsi: “PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE FIRING LINE PADA AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 RAMBATAN”. Skripsi, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Penggunaan strategi pembelajaran oleh guru yang kurang bervariasi menyebabkan proses pembelajaran di kelas menjadi kurang menarik, siswa juga kurang berani mengeluarkan ide atau pendapatnya sehingga mengakibatkan suasana kelas cenderung pasif. Hal tersebut akan berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan strategi active learning tipe the firing line.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rambatan tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 lokal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dengan menerapkan strategi active learning tipe the firing line pada setiap kali pertemuan meningkat. Hal ini terlihat dari hasil observasi, dimana adanya peningkatan persentase aktivitas yang diperoleh siswa selama tiga kali pertemuan. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan I adalah 73% dengan kriteria banyak, pertemuan II dengan rata-rata persentase 85.80% dengan kriteria banyak sekali, dan pertemuan III dengan rata-rata persentase 94% dengan kriteria banyak sekali. Hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen dengan menerapkan strategi active learning tipe the firing line juga lebih baik dari hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen 79.61 dan kelas kontrol 69.2.