Abstract:
NADYA NAZYFAH, NIM 15 300 600 037, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dengan Pemberian Tugas Awal Mind Map Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab ”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran dikarenakan model pembelajaran yang selama ini digunakan masih monoton sehingga tidak memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya. Kebanyakan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dimana kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, model pembelajaran MURDER (mood, understand, recall, digest, expand, review) dirasa mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan belajar melalui serangkaian proses yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER (mood, understand, recall, digest, expand, review) dengan mind map pada pembelajaran biologi di kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 lokal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan cara lotting, sampel terpilih adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan pada hasil belajar siswa dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen menunjukan rata-rata 78,32 sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata 70,13. Hasil belajar afektif siswa pada kelas ekperimen dengan rata-rata 82,09 sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata 74,37. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t didapatkan bahwa nilai t hitung yaitu 2,75 > dari 1,645 pada t tabel, sehingga hipotesis penelitian diterima