Abstract:
Melisa Oktavia, NIM. 14 106 039, Judul Skripsi: Penerapan Strategi Active Learning Tipe Three Stage Fishbowl Decision pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII MtsS PPM Diniyyah Pasia , Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran disekolah masih bersifat teacher centered. Guru aktif menyampaikan materi sedang siswa pasif menerima materi dan bersifat individual. Hal ini menyebabkan hasil belajar biologi siswa kelas VII di MTsS PPM Diniyyah Pasia masih rendah. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan strategi active learning tipe three stage fishbowl decision. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi yang diajarkan dengan menggunakan strategi active learning tipe three stage fishbowl decision. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa yang menerapkan active learning tipe three stage fishbowl decision lebih baik dari pada hasil belajar biologi siswa yang menerapkan pembelajaran konvesional pada siswa kelas VII di MTsS PPM Diniyyah Pasia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di MTsS PPM Diniyyah Pasia. Dari hasil perhitungan statistik didapatkan populasi berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan lot. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes kedua sampel setelah penerapan model pembelajaran three stage fishbowl decision di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 72,84, sedangkan kelas kontrol 62,45. Dari uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel dimana 3,38 > 1,671 sehingga hipotesis peneliti diterima. Dapat dapat disimpulkan bahwa: ”Hasil belajar biologi dengan penerapan strategi active learning tipe three stage fishbowl decision lebih baik dari pembelajaran konvensional dalam Pembelajaran Biologi kelas VII di MTsS PPM Diniyyah Pasia Tahun ajaran 2017/2018”.