Abstract:
IFNI ULFA RANI, NIM. 14 106 027, judul skripsi “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI PADA MATERI EKOLOGI KELAS X MIPA SMA N 1 PARIANGAN” Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2018.Skripsi ini berjumlah 81halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar biologi siswa khususnya kelas X MIPA di SMA N 1 Pariangan masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata Ujian Tengah Semester I. Rendahnya hasil belajar biologi dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya dalam proses pembelajaran lebih sering menggunakan model pembelajaran yang berpusat kepada guru dan monoton menyebabkan siswa menjadi bosan, siswa kurang memperhatikan pelajaran, dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi lebih baik daripada model pembelajarankonvensionalSMA N 1 Parianganpada materi Ekologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Pariangan yang berjumlah 68 orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 berjumlah 22 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir pada kedua kelas sampel, dan tes akhirnya berupa tes objektif. Hasil penelitian hasil belajar siswa pada penilaian kognitif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,09 dan rata-rata kelas kontrol adalah 71,18. Sedangkan pada uji t didapatkan bahwa nilai thitung yaitu 2,47 > dari pada ttabel yaitu 2,02, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil analisis pada lembar penilaian afektif siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,74 dan rata-rata kelas kontrol adalah 74,83. Hasil analisis pada lembar penilaian psikomotor siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,78 dan rata-rata kelas kontrol adalah 75. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi lebih baik daripada hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi Ekologi di kelas X MIPA SMA N 1 Pariangan.