Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 TANAH DATAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author HARISI SOFIA
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:39:08Z
dc.date.available 2020-02-21T01:39:08Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-26
dc.identifier.isbn 14106024
dc.identifier.isbn 14106024
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800159
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12837
dc.description.abstract HARISI SOFIA, NIM. 14 106 024, Judul skripsi “ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 TANAH DATAR”, Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018. Kurikulum 2013 mensyaratkan penggunaan penilaian autentik, penilaian autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran pada situasi yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penilaian autentik mata pelajaran Biologi di MAN 2 Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif metode studi kasus. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Responden dalam penelitian ini adalah guru beserta siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor. Pelaksanaan penilaian aspek kognitif sudah terlaksana tapi belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, karena guru belum membuat kisi-kisi soal serta tidak menerapkan sistem belajar tuntas. Pelaksanaan penilaian afektif hanya sebatas pengamatan terhadap siswa dan tidak sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh guru, bukti autentik perolehan nilai siswa tidak jelas. Untuk penilaian psikomotor dari segi perencanaan tidak sesuai dengan penilaian autentik yang idealnya pada kurikulum 2013. Dan dari pelaksanaannya juga tidak terlaksana.. Hambatan pelaksanaan penilaian autentik meliputi penilaian banyak menyita waktu guru, guru kewalahan dalam melakukan penilaian kepada setiap peserta didik, karena jumlah peserta didik yang tidak sedikit. Banyaknya bukti fisik penilaian yang harus dimiliki guru. Rubrik penilaian tidak digunakan oleh guru, rubrik hanya sebagai pelengkap dalam RPP yang dibuat guru. Siswa merasa kewalahan dengan beban tugas yang banyak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi - Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 TANAH DATAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku