Abstract:
FITRI AZIZAH, NIM 13 106 024 Judul Skripsi: “Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Handout TerhadapHasilBelajar IPA Kelas VIII MTsN 6 Tanah DatarJurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaranExamples Non Examplesdanuntuk mengetahui hasil belajar Biologi siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examplesdengan bantuan handout llebih baik dari hasil belajar Biologi dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII di MTsN 6 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan Randomized Control Group Only Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 6 Tanah Datar Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari5kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang terpilih adalahkelas VIII3sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Handout pada pertemuan pertama adalah78,3% dan pada pertemuan hasil belajar siswa meningkat men Rata-rata hasil belajar Biologi siswapada kelas eksperimen adalah 79,7dengan persentase ketuntasan 78,3%dan rata-rata hasil belajar Biologi siswa kelas kontrol adalah 63,5 dengan persentase ketuntasan 27%Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t. Dari perhitungan diperoleh t hitung = 10,08 dan t tabel = 5,317. Karena t hitung > t tabel , hipotesis diterima yakni hasil belajar Biologi kelas VIII MTsN 6 Tanah Datar dengan menerapkan Model PembelajaranExamples Non ExamplesBerbantuan Handout Lebih baik daripada Konvensional.yang menggunakan pembelajaran konvensional.