Abstract:
Aulia Husna. NIM 13 106 009 (2018). “Pengaruh Penerapan Kombinasi Strategi Everyone is A Teacher Here dan Model Take and Give Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pekanbaru”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan kombinasi strategi everyone is a teacher here dan model take and give lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi sistem pernapasan di SMP Negeri 6 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 75,5 dengan persentase ketuntasan 59,37% dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 61,3 dengan persentase ketuntasan 24,24%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t. Dari perhitungan diperoleh t hitung = 6,605 dan t tabel = 1,645. Karena t hitung > t tabel maka hipotesis diterima, yakni hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Pekanbaru dengan menerapkan kombinasi strategi everyone is a teacher here dan model take and give lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.