Abstract:
Penelitian ini didasari oleh hasil kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan siswa yang kurang memuaskan. Adanya kesenjangan antara kompetensi pengetahuan dengan kompetensi keterampilan yang diperoleh mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran yang biologi. Untuk memecahkan masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pengetahuan dengan kompetensi keterampilan siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sungai Tarab.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional (studi hubungan). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara. Teknik dokumentasi dilakukan dengan mengambil nilai mentah ulangan harian siswa tahun ajaran 2017-2018 pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Sedangkan teknik wawancara dilakukan kepadda guru biologi yang mengajar di kelas XI IPA. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji deskriptif prosentase dan uji regresi sederhana.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil korelasi antara kompetensi pengetahuan dengan kompetensi keterampilan siswa pada mata pelajaran biologi materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sungai Tarab sebesar 0, 590 yang tergolong kedalam kriteria korelasi yang cukup kuat atau sedang. Dengan kontribusi kompetensi pengetahuan terhadap kompetensi keterampilan sebesar 34,81%. Dengan persamaan regresi yang dihasilkan Y = 59,23242 + 0,329097 X.