Abstract:
Penelitian ini didasari oleh adanya siswa yang masih mempunyai minat dan kemandirian belajar yang rendah.Untuk memecahkan masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA siswa pada kelas VIII di SMP N 1 Pariangan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional.Subjekpada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 50 orang siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket minat dan kemandirian belajar serta dokumen berupa nilai mentah ulangan tengah semester mata pelajaran IPA.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dengan hasil belajar IPA siswa dengan kategori sedang, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA siswa dengan dengan kategori tinggi dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa di SMP N 1 Pariangan dengan kategori sedang.