Abstract:
Penelitian ini didasari oleh adanya siswa yang masih mempunyai resiliensi dan kecerdasan spiritual yang rendah. Untuk memecahkan masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar siswa pada kelas VIII di MTsS Gantung Ciri. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional (studi hubungan). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 17 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen berupa nilai mentah ulangan tengah semester mata pelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi product moment dan korelasi ganda. Secara umum, hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa di dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara resiliensi dengan hasil belajar IPA siswa dengan kriteria sedang, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar IPA siswa dengan dengan kriteria sedang dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara resiliensi dan kecerdasan spiritual siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa di MTsS Gantung Ciri dengan kriteria cukup kuat.