Abstract:
Yulia Fitri, NIM. 131101178 Judul Skripsi “Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Gadut Bunga Setangkai KAB. Lima Puluh Kota”.Jurusan Pendidkan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2017.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah, “Pelaksanaan Pembelajaran SKI di MTsN Gadut Bunga Setangkai Kab. Lima Puluh Kota ”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh data tentang bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Gadut Bunga Setangkai Kab. Lima Puluh Kota, terutama ditinjau dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini sebagai masukan bagi pihak yang memerlukan tertutama guru SKI di MTsN Gadut Bunga Setangkai.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif kualitatif, yaitu teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan utama dalam penelitian ini adalah guru Sejarah Kebudayaan islam di MTs Gadut Bunga Setangkai Kab. Lima Puluh Kota, Keabsahan data menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran SKI di MTsN Gadut Bunga Setangkai Kab.Lima Puluh Kota sudah terlaksana, namun dalam pelaksanaan nya ada terdapat sedikit kekurangan.Jika dilihat dari segi perencanaan pembelajaran yang dipersiapkan guru SKI sudah menyiapkan silabus dan RPP.Untuk silabus sudah sesuai dengan komponen silabus dalam permendikbud no 22 tahun 2016.Sedangkan untuk RPP yang dibuat oleh guru masih terdapat kekurangan. Untuk pelaksanaan proses pembelajaran juga belum terlaksana secara maksimal, misalnya pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan juga kegiatan penutup. Media yang digunakan dalam peelaksanaan proses pembelajaran kurang bervariasi. Untuk evaluasi dalam pembelajaran guru SKI melakukan evaluasi pada ranah Kognitif dan Afektif, sedangkan untuk evaluasi Psikomotor guru SKI salah seorang guru SKI tidak melakukannya.